Beli Reksadana secara Online






  Seiring dengan berkembangnya teknologi, mungkin banyak dari kita yang mengharapkan adanya metode yang praktis dalam berinvestasi, sering muncul pertanyaan di berbagai forum, seperti portalreksadana misalnya, tentang "bagaimana cara beli reksadana secara online?", saya menemukan artikel yang menjelaskan bagaimana cara membeli reksadana secara online dari forum tersebut. Yang dimaksud "online" adalah melalui internet ya, bukan melalui ATM. Artikel ini pertama kali ditulis pada tahun 2010, dan pada saat itu agen penjual yang dapat melayani pembelian reksadana secara online hanya Bank Commonwealth. Namun sejak tahun 2014 ada pilihan agen penjual lain yang mengusung konsep "supermarket reksadana", yaitu IPOT Fund. Artikel ini memberikan gambaran seperti apa cara membeli reksadana di Bank Commonwealth dan IPOT Fund, serta seperti apa perbedaan diantara keduanya. Semoga dapat membantu member dalam memilih supermarket reksadana online.
A. Bank Commonwealth (CommBank)
[Artikel dibuat pada 4 Feb 2010]
Cukup membuka rekening di Bank Commonwealth, maka otomatis mendapatkan fasilitas internet banking. Setoran pertama saat pembukaan rekening cukup Rp. 500rb. Jika menggunakan TBH (Tabungan Bunga Harian) Sepanjang yang saya ketahui semua dana dalam rekening ini boleh dipakai seluruhnya untuk transaksi reksadana (yang penting tersisa sejumlah ketentuan saldo minimal rekening aja). semua transaksi subs/redemp akn didebet dari rekening.
Setoran minimal transaksi reksadana juga bervariasi tergantung dari produk yang dipilih. Selengkapnya produk apa saja yang bisa dibeli, berapa minimum subscription, minimum top up, berapa fee subscription, fee redemption, fee switching dapat dilihat di:
http://www.commbank.co.id/upublic/mo...ode=feecharges
Proses pembukaan rekening memang masih diperlukan untuk datang langsung ke kantor bank. Bank ini masih memakai sistem knowing your customer. Sesudah membuat rekening (dan menyetor), langsung isi form untuk membuat account produk reksadana. Sesudah ini rekening akan terpotong sesuai dengan nominal initial subscription (boleh juga lebih, terserah kita) plus fee sesuai di tabel.
Untuk transaksi berikutnya, tidak perlu lagi main ke kantor bank.  transaksi subscription berikutnya (melalui internet banking) akan diberikan diskon subs fee sebesar 50%. jadi misal subs fee di tabel 1,5%, maka hanya dikenakan 0,75%. monggo diricek.
B. IPOT Fund

Semenjak launching pada 16 April 2014, IPOT Fund langsung menjadi "trending topic" di PortalReksadana dan berbagai forum yang lain yang memiliki subforum reksadana, seperti kaskus dan female daily, saya pribadi belum pernah mencoba. tetapi ada banyak member berbagi pengalaman dan kelebihan dari IPOT Fund, produk supermarket reksadana online dari Indo Premier Securities. Utamanya, ada dua hal pembeda dibanding CommBank:

  • IPOT Fund sama sekali tidak mengenakan fee subs/beli maupun redeem/jual. berdasarkan informasi yang dapat dibaca di web IPOT Ini bukan periode promosi, memang selamanya bebas fee subs dan redeem.
  • Minimal setoran awal (initial subscription) hanya Rp 100rb, sementara di CommBank masih Rp 500rb (dapat dilihat di tabel, kecuali autodebet tiap bulannya, bisa di mulai dari 100rb saja). Alhasil untuk mulai investasi menjadi sangat terjangkau.
Pilihan produk reksadana sangat banyak sekali. Saat ini  ada  85 produk reksadana dari 19 Manager Investasi, diantaranya yaitu:

  • PT Bahana TCW Investment Management
  • PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  • PT BNP Paribas Investment Partners
  • PT First State Investments Indonesia
  • PT Indo Premier Investment Management
  • PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • PT RHB OSK Asset Management
  • PT Sinarmas Asset Management
  • PT Syailendra Capital
  • PT Trimegah Asset Management
Rencananya akan bergabung lebih banyak lagi Manager Investasi sehingga pilihan produk akan mencapai 100-an. Teknisnya kita cukup punya 1 account untuk semua reksadana, kita juga akan punya rekening efek atas nama kita sendiri (resmi terdaftar di KSEI). Dana untuk pembelian reksadana ditransfer ke rekening efek itu, terintegrasi ke aplikasi IPOT Fund, langsung bisa untuk belanja reksadana online. Kelebihan lainnya, belanja produk reksadana manapun tidak perlu mengisi formulir plus tanda tangan basah, semua dilakukan online, praktis sekali.
Cara pembukaan rekening IPOT Fund juga sederhana. Cukup dari website IPOT Fund klik "Open an Account" kemudian pilih "Saya adalah customer baru". Isian berikutnya agak panjang, tapi online dan mudah kok. IPOT Fund kemudian akan mengirimkan formulir PDF yang sudah terisi lengkap, tinggal ditandatangani diatas materai. Kelengkapan dokumen lain yg dibutuhkan hanya fotokopi/scan KTP, NPWP dan halaman pertama buku tabungan. Jika domisili di Jakarta, dokumen ini bisa dijemput oleh IPOT Fund. Jika tinggal di luar Jakarta, tetap harus dikirim via pos. Sekitar 3 hari account langsung aktif bisa untuk belanja online.
Seluruh produk reksadana fee subs nya FREE, termasuk produk reksadana saham. Hanya sedikit produk saja yg mengenakan fee redeem (sesuai ketentuan dari MI nya).  kalau di CommBank yang fee subs/redeem nya FREE tidak pada semua produknya.
Silakan klik disini untuk download file tabel perbandingan fee subs/redeem produk IPOT Fund (format DOCX, ukuran 27 KB).
Beberapa artikel lain yang relevan terkait ini adalah:

disadur dari:
http://portalreksadana.com/node/409

CONVERSATION

0 di isi komentarnya ya :):

Posting Komentar

tolong diisi komentarnya ya :)

Back
to top