TIPS BUAT YANG SUSAH NABUNG

Pernah ngerasa ga sih punya penghasilan yang lumayan tapi ga punya tabungan sama sekali?
Pernah denger keluhan orang-orang yang bilang susah menabung padahal gajinya lebih besar dari kita? Memang ada yang begitu? Ada!

ada biang keladi dari kegagalan seseorang menabung, seperti, gaji yang selalu habis dipertengahan bulan, tabungan ditarik lagi karena pengeluaran yang tidak kita duga sebelumnya. Pernah ngalamin ga? Pernah!

Trus kira-kira solusinya apa nih?

Pertama membangkitkan kesadaran bahwa nabung itu adalah kewajiban, jadi yang bisa kita lakukan adalah membuat tabungan sebagai bagian dari pos pengeluaran.Kedua, tetapkan tujuan yang harus dicapai dengan menabung, misalnya untuk membiayai pernikahan, melanjutkan sekolah, DP rumah, dsb. Ketiga, disiplin dan rutin, nah gimana caranya biar rutin? siapkan anggaran dan setorkan di awal bulan, jangan nunggu ada sisa dan akan lebih baik jika kita menyediakan rekening sendiri yang tidak bisa kita tarik dengan mudah. Misalnya rekening Tabunganku yang merupakan program pemerintah yang bisa kita temukan di bank umum, rekening ini tanpa biaya administrasi (Menurut pengalaman aku, dan dapat bunga walaupun sedikit) Keempat, jangan remehkan uang receh, simpan recehan di celengan/wadah khusus setelah penuh bisa kita pindahkan ke bank, Kelima, setiap kali ada kenaikan gaji, naikkan juga jumlah setorannya, Keenam, gunakan layanan autodebet dari bank.

Hope that helps :) selamat menabung, nanti kalau sudah disiplin bisa naik kelas ke investasi

Hasil gambar untuk celengan

CONVERSATION

0 di isi komentarnya ya :):

Posting Komentar

tolong diisi komentarnya ya :)

Back
to top