NAB dan WAKTU TOP UP REKSADANA

seperti yang kita ketahui bersama, strategi yang bisa diterapka dalam berinvestasi reksadana ada bermacam2. dua diantaranya adalah DCA ato RCA dan MARKET TIMING.

Market timing merupakan setoran di saat yang lebih selektif, yakni pada saat kinerja bursa sedang mengalami penurunan. Akibatnya, dengan masuk di saat tersebut, probabilitas peningkatan portfolio reksa dana bisa dicapai pada saat kinerja bursa kembali meningkat.
.
Sementara RCA merupakan setoran rutin per bulan dari dana tunai yang dimiliki ke dalam portofolio reksa dana yang kita miliki.Strategi ini bagus untuk meredam fluktuasi pasar sekaligus memupuk nilai investasi secara periodik.


ketika market anjlok beberapa hari yang lalu, banyak yang ingin mencoba melakukan market timing, dan timbul pertanyaan di forum2, klo saya top up hari ini dapet harga kapan ya?


kali ini saya ingin mencoba menjawab pertanyaan tersebut, kembali lagi pada kebijakan MI, beberapa MI menerapkan ketentuan batas waktu top up sebelum jam 12 siang WIB ada juga yang jam 1 siang WIB, untuk mendapatkan harga hari itu juga. misalnya, hari senin, tanggal 3 Juni , sebelum jam 12 siang saya melakukan top up RD saya, maka saya akan mendapatkan harga tgl 3 Juni, dimana jumlah NABnya baru akan ketahuan paling cepat jam 9 malam tgl 3 Juni, atau hari itu juga, well Market Timing memang agak tricky, bisa jadi di pembukaan awal IHSG anjlok, dipembukaan selanjutnya malah ijo.


kadang sebagaian orang, termasuk saya tidak siap dengan fluktuasi pasar seperti ini, cara menindaklanjutinya adalah dengan melakukan auto invest ato DCA, jadi bisa dapat harga rata2 , market timing boleh2 saja, asal sudah mendapatkan info terpercaya sebelumnya, kalau ada kemungkinan IHSG akan anjlok, saya biasanya rajin kepoin stalking twitternya @andicamaro dan baca rencanatrading.com. lumayan mencerahkan, semoga bermanfaat :)

CONVERSATION

2 di isi komentarnya ya :):

tolong diisi komentarnya ya :)

Back
to top