dana darurat

yap dana darurat atau bahasa kerennya emergency fund, udah sering banget denger kata dana darurat dari ibu aku, tapi sama sekali ga pernah kepikiran untuk mulai ngumpulin apa lagi peduli akan pentingnya memiliki yang namanya dana darurat. semenjak aku rajin follow n stalking twit milik financial planner di twitter baru deh ngeh akan pentingnya dana darurat n kepikiran untuk ngumpulin, ups bukan kepikiran aja sih, tapi mulai ngumpulin ,hehe, dana darurat ini ibarat bemper pengaman, yang bisa kita bobol ketika kepepet, ada diskonan kepepet juga ga ya namanya, hehee, kidding,kepepet yang bener2 penting tentunya, ketika ada pengeluaran yg tak terduga, agar tidak merusak cashflow kita bisa menggunakan dana darurat ini, dan tentu saja harus diisi ulang ketika telah digunakan.





Apa definisi Dana Darurat? Sesuai namanya, Dana Darurat adalah suatu dana terpisah yang khusus disiapkan untuk menghadapi keadaan darurat, seperti terjadinya PHK, kebutuhan biaya karena sakit, biaya untuk kecelakaan di jalan, biaya saat tejadi kedukaan dalam keluarga, dan lain-lain. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari Dana Darurat: Dana darurat harus dipisahkan dari rekening, instrumen investasi ataupun tabungan jangka pendek yang dimaksudkan untuk pemenuhan tujuan keuangan jangka pendek.


Dana darurat harus mudah diambil kapan saja dan dimana saja. Untuk itu rekening tabungan merupakan pilihan terbaik. Saat ini dengan adanya ATM Bersama dan ATM Prima, cukup pastikan bahwa tabungan yang digunakan tergabung dalam salah satu ataupun kedua jaringan ATM tersebut. Dana darurat harus likuid dan dapat dicairkan saat dibutuhkan. Lagi-lagi untuk kriteria ini tabungan ber-ATM adalah pilihannya. Instrumen lain seperti deposito, RDPU dan LM bisa saja jadi pelengkap dengan pertimbangan bahwa instrumen-instrumen tersebut tidak selalu bisa dirubah jadi uang tunai (misalnya saat akhir minggu atau dini hari). Dana darurat harus ditempatkan di instrumen yang aman, dalam arti memiliki risiko fluktuasi jangka pendek dan risiko default yang rendah. Hasil investasi yang tinggi merupakan hal penting, namun bukan merupakan pertimbangan utama dalam memilih instrumen untuk penyimpanan dana darurat. Berikutnya, berapa jumlah ideal dana darurat masing-masing orang atau keluarga? Konsensus paling umum yang saya yakin anda semua sudah familiar adalah:

  • 3x biaya hidup utk single
  •  6x biaya hidup untuk pasangan 
  • 9x biaya untuk keluarga dengan 1 anak/tanggungan 
  • 12x biaya hidup untuk keluarga dengan 2 anak/tanggungan atau lebih.


 kayanya memang berat ya ngumpulin sebanyak itu, tapi, kan bisa dicicil , :D sambil menjalankan investasi, sambil pelan2 mengumpulkan dana darurat yg ideal dengan kondisi dan kebutuhan kita, yup, sedikit lagi yang semangat mengumpulkan dana daruratnya ya.... :D

CONVERSATION

0 di isi komentarnya ya :):

Posting Komentar

tolong diisi komentarnya ya :)

Back
to top